Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guatemala; Negara Terpadat Di Amerika Tengah


LintasGlobe - Negara yang memiliki populasi sebanyak 12.599.000 penduduk, dengan luas wilayah sebesar 108.889 km² ini merupakan negara paling padat di Amerika Tengah. Populasi penduduk Guatemala sebagian besar adalah suku Indian.

Negara ini terdiri atas pegunungan vulkanik di selatan dan daratan rendah di utara. Sebagian besar penduduk negara ini terkonsentrasi di daratan tinggi. Tempat dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter ini beriklim sedang dengan tanah subur yang memungkinkan adanya keragaman tanaman pertanian.

Perkebunan jagung dan buncis yang merupakan pertanian tradisional suku Maya, berdampingan dengan perkebunan kopi yang menjadi produk ekspor utama Guatemala. Daratan di pesisir Samudra Pasifik menjadi lahan perkebunan seperti pisang, kapas dan tebu.

Sejak terjadinya kolonisasi Spanyol (abad XVI), masyarakat Guatemala terbagi menjadi dua. Di satu wilayah, kaum Indian yang setidaknya memiliki 18 bahasa, menempati zona rural dan masih memelihara tradisi mereka (bahasa dan pakaian adat). Di wilayah lain, kaum Metis dan keturunan Spanyol yang tinggal di kota dan mengendalikan negara.

Beberapa situs arkeologi seperti yang terdapat di Tikal merupakan saksi kejayaan masa lalu dari peradaban suku Maya.

Ibu kota: Guatemala
Bahasa resmi: Spanyol
Mata uang: Quetzal (GTQ)
Hari kemerdekaan: 15 September

Guatemala memiliki PDB per kapita sebesar US$ 5.000, namun negara berkembang ini masih menghadapi masalah - masalah sosial dan termasuk dalam 10 negara termiskin di Amerika Latin.

Angka endapatan per kapita dan kesenjangan sosial menunjukkan bahwa hampir setengah dari populasi penduduk berada di dalam angka kemiskinan, dan lebih dari 400.000 penduduk berada dalam pengangguran. CIA World Fact Book memperkirakan sekitar 56.2% dari populasi Guatemala berada dalam kemiskinan. Hasil ekspor Guatemala berupa buah - buahan, sayur mayur, bunga, kerajinan tangan, garmen.

Sektor pertanian membentuk 1/4 dari PDBGuatemala, 2/3 ekspor, dan 1/2 dari tenaga kerja. Kopi, gula, dan pisang adalah produk utama. Produksi dan konstruksi membentuk 1/5 PDB.

Penandatanganan perjanjian perdamaian pada Desember 1996, yang mengakhiri 36 tahun perang saudara, menyingkirkan rintangan utama bagi investasi asing. Pada 1998, Hurikan Mitch menyebabkan sedikit kerusakan bagi Guatemala dibanding dengan negara tetangganya.

Tantangan yang masih perlu dihadapi adalah meningkatkan pendapatan pemerintah, meningkatkan bantuan dari donor internasional, dan meningkatkan efisiensi dan keterbukaan baik pemerintah dan operasi pribadi sektor finansial.