Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Negara Sebia ; Pecahan Yugoslavia


LintasGlobe - Terletak di jantung Balkan, Serbia terdiri atas Serbia Dalam dan daerah otonom Voivodine. Permukaan daerah otonom yang terletak di utara ini terdiri atas daratan. Sementara sisanya, di sisi selatan Danube hingga Belgrade, membentang perbukitan dan gunung-gunung.

Serbia memiliki populasi sebanyak 9.778.991 penduduk dengan luas wilayah mencapai 88.361 km². Serbia beribukota di Beograd.

Negara ini memerankan peranan penting dalam sejarah Balkan. Pada Abad Pertengahan, Serbia merupakan negara independen yang mencapai masa kejayaan pada abad XIV.

Di awal abad XX, Serbia membantu masyarakat Slavia Selatan dalam perjuangan menuntut kemerdekaan, dan selanjutnya bergabung untuk membentuk negara baru, Yugoslavia. Setelah di guncang berbagai konflik, Yugoslavia akhirnya tercerai-berai pada tahun 1990-an.

Negara Serbia modern lahir pada tahun 1817 menyusul Pemberontakan Serbia Kedua. Kemudian, negara ini memperluas wilayahnya ke selatan dengan menguasai Kosovo dan Metohija, Raška, dan Makedonia pada tahun 1912. Terakhir, Vojvodina (bekas salah satu daerah otonomi dalam Provinsi Habsburg bernama Voivodship Serbia dan Tamiš Banat) memproklamasikan pemisahan dirinya dari Austria-Hungaria dan bergabung kembali dengan Serbia pada tahun 1918.

Perbatasan negara Serbia saat ini ditetapkan menyusul berakhirnya Perang Dunia Kedua ketika Serbia menjadi sebuah unit federal dalam Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Serbia menjadi negara merdeka lagi pada tahun 2006 setelah Montenegro meninggalkan Uni Negara Serbia dan Montenegro yang lahir setelah bubarnya Yugoslavia di era 1990-an.

Saat ini sumberdaya utama Serbia adalah pertanian, khususnya biji-bijian, buah-buahan dan anggur. Sektor industri hadir di sebagian besar perkotaan, bahkan di pegunungan.

Infrastruktur negara ini sempat hancur akibat Perang Kosovo, hingga akhirnya memproklamasikan kemerdekaannya pada tahun 2008.

Bahasa remi: Serb
Mata uang: Dinar (RSD)
Hari kemerdekaan: 15 Februari