Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara Ini Memiliki Armada Kapal Terbesar Ketiga Di Dunia


LintasGlobe - Terletak di perbatasan barat Skandinavia, Norwegia merupakan negara bergunung-gunung dan penuh hutan dari utara sampai selatan sejauh 1.750 km.

Selain bergunung-gunung, di negara Norwegia juga terdapat lembah bersalju atau flord (lembah yang sangat curam dan sempit) di sepanjang pesisir pantainya.

Populasi negara ini tercatat sebesar 4.9 juta, sehingga menjadikan Norwegia sebagi negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Ibu kotanya adalah Oslo.

Kondisi maritim mempengaruhi iklim Norwegia yang lembut. Iklim ini juga membawa curah hujan tinggi yang kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik tenaga air.

Nagara Norwegia secara alamiah menghadap laut maka perairan negara ini termasuk dalam perairan yang paling banyak memiliki ikan di dunia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Negara ini juga memiliki armada kapal terbesar ketiga di seluruh dunia dan menjadi negara yang kaya ikan.

Norwegia juga mempunyai kekayaan hutan, termasuk minyak dan gas alam di Laut Utara. Kekayaan ini memberi sumbangan bagi sebagian besar komoditi ekspor.

Pertanian di wilayah ini tidak besar, tetapi tertata dengan baik. Sumber-sumber ekonomi tersebut berjalan seiring dengan tata masyarakat yang baik sehingga tingkat kehidupan Norwegia termasuk paling tinggi di dunia.