Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Slovenia: Negara Pegunungan Alpen


LintasGlobe - Slovenia terletak di persimpangan Alpen, Mediterania dan Balkan. Negara ini dibatasi oleh empat negara, yaitu Austria, Hungaria, Italia dan Kroasia.

Negara ini merupakan salah satu dari enam republik yang dahulu membentuk negara Yugoslavia. Kemerdekaan diperoleh ketika Yugoslavia pecah pada tahun 1991 akibat perang yang juga meruntuhkan negara-negara Balkan di sekitarnya.

Slovenia memiliki populasi 1.967.000 penduduk dengan luas wilayah mencapai 20.251 km². Ibu kota negara ini terletak di tengah-tengah negara, yaitu Ljubljana. Ljubjana merupakan kota yang dikelilingi oleh gunung.

Sisi Barat Laut negara ini didominasi oleh Alpen Julien yang merupakan perpanjangan dari Pegunungan Alpen. Sedangkan di sisi Barat Daya terbentang sebuah wilayah daratan berkapur dan karst yang penuh dengan gua dan tempat-tempat bawah tanah yang banyak jumlahnya.

Karena letak geografisnya yang strategis, tenaga kerja yang terjamin dan infrastruktur berkualitas tinggi, Slovenia pun menjadi contoh kesuksesan ekonomi dan stabilitas.

Industri mekanik, produksi bahan kimia, elektronik, seperti peralatan listrik dan tekstil serta pariwisata merupakan sektor yang paling aktif di negara ini.

Bahasa remi: Sloven
Mata uang: Euro (EUR)
Hari kemerdekaan: 25 Juni