Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yunani : Negeri Kelahiran Filsafat


LintasGlobe - Yunani terletak di sisi paling selatan Semenanjung Balkan. Permukaan negara ini dipenuhi oleh gunung yang terpisah-pisah dan terdiri atas pulau-pulau dalam jumlah yang besar.

Seluruh wilayah negara ini terbagi atas wilayah daratan. Semenanjung Peloponnese dan kepulauan yang terhubung dengan pulau-pulau Ionia, Cyclade, Sporade dan Kreta. Dengan ketinggian 2.917 di atas permukaan air, Gunung Olympus menjadi titik tertinggi di negeri ini.

Orang Yunani menyebut negara mereka Hellas, dan dalam lafal modern disebut Ellas. Dalam bahasa sehari-hari bentuk Ellada dipakai. Nama Greece dalam bahasa Inggris dan bentuk-bentuk yang mirip dalam beberapa bahasa Eropa lainnya, diambil dari nama dalam bahasa Latin, Graecia, yang berasal dari sebuah daerah yang sekarang terletak di sebelah utara Yunani, dan dihuni oleh orang Graekos.

Dalam bahasa Indonesia juga dikenal istilah Gerika, terutama bahasa Gerika untuk menyebut bahasa Yunani, yang diturunkan dari kata tersebut.

Sedangkan etimologi kata Yunani dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab, yang pada gilirannya mengambil dari nama Ionia. Ionia adalah pesisir barat negara yang sekarang disebut Turki.

Perekonomian negara ini ditandai dengan peran penting dari sektor pertanian yang mengandalkan produksi gandum, anggur dan zaitun. Negara ini juga merupakan negara penghasil tembakau, limau dan kapas.

Peternakan kambing dan domba lebih banyak dilakukan di daerah pegunungan. Sementara perdagangan lewat laut dan pariwisata juga merupakan sektor penting dalam negara ini.

Yunani dianggap sebagai cikal bakal budaya bagi peradaban Eropa. Sejarahnya telah mencapai usia lebih dari 400 tahun. Negeri ini adalah tanah kelahiran filsafat, demokrasi, teater dan olimpiade.

Yunani Kuno, Kekaisaran Alexsander Agung, Kekaisaran Romawi, Byzantium dan Ottoman telah menyumbangkan banyak kekayaan masa lalu bagi negara Yunani dan persebaran kebudayaan.

Yunani menjadi anggota ke-10 Komunitas Eropa (kemudian menjadi Uni Eropa) pada tanggal 1 Januari 1981, dan memasuki periode pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Investasi di bidang industri dagang dan infrastruktur, juga dana dari European Union serta turisme, perkapalan dan bidang jasa yang meningkat, membuat peningkatan taraf hidup yang tidak terjangkau sebelumnya.

Negara Yunani memakai mata uang euro pada tahun 2001 dan dengan sukses menyelenggarakan Olimpiade musim panas tahun 2004 di Athena.

Sejak akhir tahun 2000-an Yunani ditimpa resesi dan mengalami krisis moneter dan hutang, sehingga mengancam stabilitas pasar uang pada tahun 2010-2011.